Setelah sukses memberikan bimbingan belajar matematika dasar, kemudian saya beralih pada pembahasan matematika IPA SNMPTN 2010. Pada dasarnya soalnya cukup mudah. Akan tetapi tidak mudah untuk siswa-siswa yang pada dasarnya kurang memiliki keterampilan dalam mengerjakan soal model SNMPTN. Dibandingkan dengan UN 2010, memang terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Sebagai pelengkap Posting, disini saya tuliskan beberapa soal yang mungkin dapat memberikan gambaran dari soal SNMPTN Matematika IPA 2010.

5.  Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan rusuk 2 satuan, kemudian P,Q, dan R berturut-turut adalah titik tengah AB,BF, dan FG. Luas perpotongan bidang PQR dengan kubus tersebut adalah ….. satuan

a . 8\sqrt{3}

b. 6\sqrt{3}

c. 3\sqrt{3}

d. 3\sqrt{2}

e. 3

Jawaban : (c)

Perhatikan Kubus ABCD.EFGH berikut !

Luas perpotongan bidang PQR dengan kubus = segi 6 beraturan sehingga luasnya adalah 6 \times (L\bigtriangleup OPQ). Karena \bigtriangleup OPQ adalah segitiga sama sisi, maka luasnya adalah

L_{\bigtriangleup OPQ}=\frac{1}{2} \cdot OP \cdot OQ \cdot \sin(60^{\circ})

= \dfrac{1}{2} \cdot \sqrt{2} \cdot \sqrt{2} \cdot \dfrac{1}{2}\sqrt{3}

= \dfrac{1}{2}\sqrt{3}

Dari pada berlama-lama, mendingan download aja di  snmptn 2010 Matematika. Kalau ada yang salah bisa di kritik kok… maklumlah manusia….

Artikel Terkait

Iklan